DESIGNED BY JOOMLA2YOU

Sekilas Jurusan Fisika

Sekilas Jurusan

Jurusan Fisika berdiri melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 72 tahun 1965. Pada saat itu Jurusan Fisika yang menyelenggarakan program studi Sarjana (S1) berada di bawah Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Sejak tahun 1983, dengan adanya pengaturan struktur organisasi di ITS, Jurusan Fisika berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang diresmikan pada tahun 1982 dengan Peraturan Pemerintah No. 5/1980 dan No. 27/1981. Dalam perkembangan selanjutnya setelah hampir dua dasawarsa berlalu di lingkungan FMIPA, Jurusan Fisika telah mendapatkan akreditasi A untuk program Sarjana (S1) pada tahun 1999, dan telah diperbarui pada tahun 2012 dengan nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN PT).

Mulai tahun 2001, Jurusan Fisika telah memiliki program Magister (S2) dan telah memperoleh akreditasi B pada tahun 2006 untuk program ini dan telah diperbaharui pada tahun 2013 dengan nilai akreditasi A. Untuk mengakomodasi perkembangan Fisika dan penerapannya, Jurusan Fisika mengembangkan 5 (lima) kelompok bidang minat, yaitu Fisika Material, Instrumentasi, Fisika Teori, Optoelektronika, dan Fisika Bumi. Dengan perkembangan pada bidang-bidang minat tersebut, mulai semester genap tahun akademik 2007 - 2008 telah dibuka program Doktor (S3) Fisika di Jurusan Fisika, dengan surat persetujuan dari Ditjen Dikti pada tahun 2007 dan telah memperoleh akreditasi A pada tahun 2013.

Visi
Jurusan Fisika FMIPA ITS menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan Fisika serta penerapannya dalam teknologi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Memperbaiki kinerja dengan mengupayakan pemenuhan standar pelayanan minimal terhadap kegiatan rutin dengan mengacu pada SOP.
  2. Pembenahan manajemen internal dan pemberdayaan kekuatan internal.
  3. Mendukung manajemen dalam penguatan jejaring dan promosi internasional.
  4. Menyusun dan melaksanakan agenda kegiatan progresif-inovatif yang mendukung upaya ITSdalam memperkuat pengakuan dari dunia internasional.