DESIGNED BY JOOMLA2YOU

SUASANA AKADEMIK JURUSAN FISIKA FMIPA ITS

Materi Pembelajaran Jurusan Fisika

Materi pembelajaran yang diberikan di Jurusan Fisika sangat sesuai dengan tujuan mata kuliah karena setiap mata kuliah dilengkapi dengan silabus dan RPBK. Silabus mata kuliah terdiri atas deskripsi mata kuliah, tujuan mata kuliah, daftar pustaka, materi dan evaluasi sehingga materi yang diberikan selalu disesuaikan dengan tujuan setiap mata kuliah.

Struktur dan rentang kegiatan mengajar

Kegiatan belajar mengajar 1 semester berlangsung dalam kurun waktu 16 minggu termasuk berupa tugas, quis, presentasi, praktikum, evaluasi tengah semester dan evaluasi akhir semester.

Pelayanan Akademik

Jurusan Fisika memberikan berbagai pelayanan akademik kepada mahasiswa, diantaranya:

  1. menyediakan bimbingan/asistensi mata kuliah yang telah dilengkapi dengan bentuk multimedia dan on-line sehingga dapat diakses secara luas (Mata kuliah: Difraksi Kristal, Fisika Instrumentasi, Intelligent Instrumen, Fisika Statistik, dan Pengantar Fisika Bahan).
  2. memfasilitasi Organisasi Kemahasiswaan yang memiliki divisi yang fokus memberikan bimbingan materi kuliah untuk mata kuliah yang tingkat kelulusannya rendah.
  3. menyediakan perpustakaan / ruang baca dengan koleksi buku dan jurnal yang lengkap. Institut dan Jurusan Fisika menentukan pembentukan dosen wali yang aktif memberikan pelayanan dan bimbingan yang bersifat akademik
  4. menyelenggarakan kuliah tamu dan seminar yang diisi oleh profesional secara rutin setiap hari Senin
  5. mendorong mahasiswa dan dosen untuk aktif berperan pada forum komunikasi antar lembaga profesi bidang keahlian Fisika dan forum komunikasi mahasiswa Fisika
  6. menjalin komunikasi aktif dengan alumni melalui forum komunikasi alumni, www.alumniits.com.
  7. memanfaatkan adanya Sistem Informasi Manajemen Akademik yang dikelola oleh BAAK untuk mendukung pelayanan akademik mahasiswa.
  8. Membentuk Tim Konsultasi Kemahasiswaan yang aktif memberikan bimbingan akademik untuk kegiatan kompetisi akademik mahasiswa

 Informasi dan bimbingan karir (COOP)

Dalam rangka memberikan bimbingan, informasi karir, dan kebutuhan industri terkini kepada mahasiswa, Jurusan Fisika  melakukan beberapa kegiatan diantaranya:

  1. memfasilitasi Organisasi Kemahasiswaan yang memiliki divisi yang fokus memberikan informasi peluang kerja, kerja praktek, dan beasiswa.
  2. secara aktif mengundang alumni dan atau memfasilitasi komunikasi langsung antara profesional / industri dengan mahasiswa melalui program kuliah tamu.
  3. secara aktif berperan pada forum komunikasi antar lembaga profesi bidang keahlian Fisika.
  4. menjalin informasi dan bimbingan karir dari alumni Jurusan Fisika.
  5. membentuk Tim Konsultasi Kemahasiswaan yang aktif memberikan informasi dan bimbingan karier.
  6. Dosen Wali selain memberikan bimbingan akademik juga memberikan arahan karier mahasiswa hingga memperoleh karier yang sesuai.
  7. Institut juga memiliki lembaga konseling karier (SAC: Student Advisory Center) yang menyelenggarakan berbagai training, dan bursa karier .

Bimbingan TA/Tesis

Bimbingan tesis (atau tugas akhir/TA) dilakukan selama mahasiswa mengambil TA/Tesis. Setiap mahasiswa dibimbing oleh seorang dosen pembimbing dan/atau seorang dosen co-pembimbing. Mahasiswa akan terbantu dengan pembimbingan tugas akhir yang dilakukan oleh dosen. Sehingga penelitian dan penulisan hasil penelitian yang dilakukan akan lebih terarah, efektif, dan efisien. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam mengerjakan thesis/TA akan diidentifikasi dan diselesaikan dengan cepat. Penelitian yang dilakukan mahasiswa akan lebih terarah sesuai dengan rekam jejak (track record) penelitian dosen dan pohon penelitian Jurusan Fisika.